DAFTAR ARTIKEL

Thursday, 18 June 2009

TIPS UNTUK MENCAPAI KEKHUSYUKAN DALAM BERIBADAH

TIPS UNTUK MENCAPAI KEKHUSYUKAN DALAM BERIBADAH

Apakah anda sudah merasa khusyu dalam beribadah? yakin kah anda doa dan tujuan beribadah sudah terlaksana? dengan bacaan yg terburu-buru dan cepat karena mengejar waktu kerja atau hanya melaksanakan kewajiban saja sebagai seorang muslim.
Yakinkah anda ibadah anda di terima sedangkan anda tidak mengerti apa sesungguhnya tujuannya?

Well, setelah saya mencoba beberapa tips berikut alhasil alhamdulillah ketika sedang beribadah dan selesai, keluar lah dengan perasaan lega dan iklas, insyaallah tujuan beribadah tercapai alhamdulillah.

Adapun tips2 nya sbb :

KHUSYU

Keyakinan sedang menghadap Allah yg salah satu pertimbangannya adalah menemui Tuhan dan kembali padanya hanya mungkin terjadi nanti di akherat, jika demikian lalu ketika sedang sholat kepada siapa kita mengahadap ?

Allah senantiasa berhadapan dengan hambanya yg sedang sholat dan jika hambanya mengucapkaan salam maka Allah meninggalkannya “

tips-nya :
“dalam sholat besikap seolah-olah kita sedang menemui Tuhan dan berserah diri kepadanya”

Insyaallah sholat kita lebih khusyu, amin

HINA DAN MENUNDUK

“Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, pandangannya tunduk, sambil menundukkan pandangan2, mereka keluar dari kuburan seakan-akan mereka belalang yg beterbangan”

Tips berikutnya adalah merasa hina dan tertunduk di dalam beribadah dengan penuh keyakinan bahwa kita manusia tidak ada apa2 dibandingkan dengan kekuasaan Allah SWT, amin

RENDAH DAN TENANG

“dan merendahlah semua suara kepada rabb yang maha pemurah, maka kamu tidak mendengar kecuali bisikan saja”

Tipnya dengan merendahkan suara dan dalam kondisi tenang fokus dan bersungguh-sungguh bahwa kita bukan siapa2 berharap kasih Allah yg maha luas.
MERENDAHKAN DAN MENUNDUKKAN DIRI

“kalau sekiranya kami turunkan al-quran ini kepada sebuah gunung pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah”

“dalam keadaan pandangan mereka tunduk kebawah lagi mereka di liputi kehinaan dan sesungguhnya mereka disuruh untuk bersujud”

Tips nya dengan merendah and menundukkan kepala dengan berfikir, kita hanyalah bagian terkecil dari alam semesta ini.

Kesimpulannya adalah :

Untuk mendapatkan rasa khusyu kita hanya perlu bersikap seolah-olah ketika sholat sedang berhadapan dengan Allah dan berserah diri kepadanya, Sikap yg patut kita lakukan ketika menghadap Allah tenang, menundukkan pandangan dan merendahkan diri serendah-rendahnya. Sikap yg sepatutnya di lakukan oleh seorang hamba yg hina di hadapan Tuhan semesta alam, Tuhan yg maha agung seperti sikap bumi yg kering kerontang di musim kemarau mengharapkan pertolongan dari Allah SWT dalam bentuk curahan hujan agara kembali subur makmur.

ketika kau berdiri untuk sholat, ucapkan takbir lalu bacalah surah dari al-quran kemudian rukuklah hingga kau merasa tenang kemudian angkatlah kepalamu dan berdiri lurus lalu sujudlah hingga kau merasa tenang selama sujudmu, kemudian duduklah dengan tenang dan kerjakanlah hal yg sama dalam setiap sholatmu”

Rukuk dan Sujud sangat penting untuk meraih kekhusyu’an. Gerakan rukuk dan sujud akan membantu jiwa mencapai ketundukan dan kerendahan. Sikap tubuh yg membungkuk pada rukuk akan membantu jiwa untuk tunduk dan hormat kepada Allah. Demikian pula meletakkan kepala pada posisi yg paling rendah akan membantu kita untuk merendahkan diri di hadapan Allah SWT dengah demikian kesempurnaan sholat akan didapat dengan sempurnanya rasa khusyu, rasa tunduk, rendah and tenang di hadapan Allah SWT. Amin.

Gerakan rukuk dan sujud tidak akan sempurna jika hati tidak melakukan hal yg sama, hati yg tunduk akan mengantarkan seluruh bagian tubuh kita tunduk pula. Hati demikian berpengaruhnya bagi tubuh kita sehingga Nabi mengatakan bahwa jika hati baik maka seluruh tubuh kita akan ikut baik.

“ingatlah bahwa dalam jasad ada sekerat daging, jika ia baik maka baiklah jasad seluruhnya, jika ia rusak maka rusaklah jasad seluruhnya, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”

4 comments:

Anonymous said...

Guys, should be read carefully to take learn from this article.

diazuwi said...

hehe mbak lensi lagi rajin2 nya nulis yah ^__^
semangaaaatt....

AD1N said...

wah manteb niy infonya.... semoga semakin menambah kekhusuan shalat kita...:)

Distance Learning said...

sy juga belum khusyuk dalam ibadah

Astronomy Picture of the Day

There was an error in this gadget